Universitas BSI Kampus Tegal Menggelar Pengabdian Masyarakat dengan Fokus pada Risiko Media Sosial bagi Remaja di Panti Pelayanan Sosial Suko Mulyo

  • Bagikan

Tegal, 4 Mei 2024 – Sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada pendidikan remaja tentang risiko media sosial telah sukses diadakan oleh kelompok dosen dari Universitas BSI Kampus Tegal. Acara yang bertema “Menyadarkan Remaja akan Risiko Media Sosial” ini diadakan di Panti Pelayanan Sosial Suko Mulyo, yang berlokasi di Jalan Dr. Soetomo No. 50, Desa Pekauman, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, pada Sabtu, 4 Mei 2024.

Ketua pengabdian masyarakat ini, Nurlaelatul Maulidah, M.Kom, bersama dengan Sopian Aji, M.Kom sebagai tutor, dan anggota tim Warjiyono, M.Kom dan Andrian Eko Widodo, M.Kom, telah berkolaborasi dengan tiga mahasiswa; Galih Praditya Nugraha, Solikhul Hadi, dan Amanda Assyifatunnisa, untuk menyelenggarakan sesi edukatif yang intensif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman remaja tentang hukum serta etika yang terkait dengan penggunaan media sosial dan jejak digital.

Dalam kegiatan tatap muka ini, para peserta diajak untuk memahami berbagai risiko yang terkait dengan penggunaan media sosial, seperti isu privasi, penipuan online, dan dampak negatif terhadap kesehatan mental. Selain itu, mereka juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara bertanggung jawab dalam menggunakan platform digital.

Nurlaelatul Maulidah, M.Kom mengatakan, “Penting bagi kita untuk memberikan pemahaman ini kepada remaja, mengingat mereka adalah pengguna aktif dan seringkali tidak menyadari konsekuensi dari aktivitas mereka di media sosial. Kami berharap kegiatan ini dapat membekali mereka dengan pengetahuan yang akan melindungi mereka dari risiko yang tidak diinginkan.”

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk membuka lebih banyak dialog dan kesadaran mengenai penggunaan media sosial yang aman dan bertanggung jawab di kalangan remaja.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *