7 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha, Yuk Perbaiki !

  • Bagikan

Berbisnis adalah impian banyak orang. Namun, tidak semua orang mampu mewujudkan impian tersebut. Banyak bisnis gulung tikar sebagai akibat dari faktor kegagalan wirausaha.

Faktanya, banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia tidak bertahan lebih dari 5 tahun.

Dengan memahami faktor kegagalan wirausaha, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindari risiko tersebut. Pada artikel ini, kami akan membahas 7 faktor kegagalan wirausaha yang wajib Anda ketahui.

Yuk pelajari selengkapnya!

  1. Kurang Riset Pasar

Pada dasarnya, ketika membangun sebuah usaha, kamu harus mengikuti kebutuhan dan keinginan pasar atau calon pelangganmu. Oleh karena itu, tahap utama ketika membangun sebuah usaha adalah melakukan penelitian atau riset pasar. Riset pasar berguna untuk mengetahui kebutuhan pasar terhadap suatu produk atau layanan. Riset pasar harus dilakukan secara mendalam hingga ke akar-akarnya agar seorang pengusaha mendapatkan data yang spesifik sebagai referensi untuk mengetahui posisi pasar, karakteristik target audiens, hingga preferensi calon konsumen terhadap suatu produk. Apabila riset yang dilakukan kurang spesifik, maka kamu tidak akan memperoleh data yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Selain itu, melakukan pemantauan atau monitoring terhadap perusahaan kompetitor juga merupakan hal yang wajib ketika melakukan riset pasar untuk membandingkan performa bisnismu di kalangan target pasar.

  1. Tidak Memiliki Perencanaan Bisnis

Business Plan atau rencana bisnis wajib Anda buat sebelum memulai sebuah usaha, sebab melalui rencana bisnis Anda tahu persis apa yang ingin diwujudkan dalam bisnis ataupun gambaran produk bisnis nantinya. Rencana inilah yang akan menuntun Anda apa yang ingin Anda lakukan bila bisnis mengalami performa buruk, jadi Anda bisa menyiapkan langkah preventif agar tidak mengalami kegagalan.

  1. Manajemen Keuangan Buruk

Salah satu jenis manajemen yang penting dalam bisnis adalah manajemen keuangan. Adanya manajemen keuangan akan menjadikan arus dana perusahaan lebih teratur, dana masuk dan keluar menjadi lebih jelas. Kas perusahaan pun akan lebih terkendali.

  1. Pemasaran Yang Buruk

Apabila strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat, bukan tidak mungkin produk tidak laris di pasaran bahkan mungkin juga tidak laku. Oleh karena itu, Anda bisa memperhitungkannya. Anda bisa mengandalkan berbagai platform digital untuk mendukung pemasaran.

  1. Gagal Beradaptasi

Lingkungan bisnis selalu berubah, dan kegagalan usaha sering terjadi ketika pemilik bisnis tidak dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Fleksibilitas dan kemampuan untuk berubah dengan cepat sesuai kebutuhan pasar adalah kunci untuk tetap bersaing dan bertahan dalam bisnis.

  1. Mempekerjakan Sumber Daya Manusia Yang Kurang Tepat

Merekrut, mempekerjakan, hingga mempertahankan staf merupakan tahap krusial yang bisa menjadi salah satu faktor kegagalan usaha apabila kinerja, sikap, dan nilai yang dianut oleh staf tersebut kurang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis. Alangkah baiknya bila kamu mempertahankan staf yang memiliki keahlian dan nilai yang selaras dengan kebutuhan bisnismu agar dapat saling melengkapi dan berkembang. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pelatihan secara berkala kepada para staf untuk meningkatkan kemampuan atau skill yang mereka miliki agar para staf dapat meningkatkan kinerja mereka dan memberikan kontribusi lebih terhadap usahamu.

  1. Mengikuti Memprioritaskan Kepuasan Pelanggan

Kegagalan usaha bisa juga disebabkan oleh bisnis yang tidak memprioritaskan kepuasan pelanggan. Padahal, pelanggan adalah aset berharga dalam bisnis.  Jika wirausaha tidak memahami, melayani, atau memuaskan pelanggan dengan baik, maka bisnis bisa mengalami kegagalan usaha.

Itulah beberapa penyebab kegagalan bisnis yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahuinya setidaknya Anda bisa melakukan tindakan preventif supaya tidak terjadi kegagalan pada bisnis yang Anda bangun.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *