Universitas BSI dan BUMDes Kolaborasi, Sukses Gelar Pelatihan Konten Promosi Produk Tingkatkan Daya Jual UMKM Desa Karangkemojing

  • Bagikan

Sabtu, 13 Januari 2024, Universitas Bina Sarana Informatika (Universitas BSI) berkolaborasi dengan BUMDes Sumber Rejeki Desa Karangkemojing mengadakan pelatihan konten promosi produk. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di desa tersebut.

Pelatihan konten promosi produk ini menjadi bagian dari upaya BUMDes Sumber Rejeki Desa Karangkemojing dalam mendorong pertumbuhan dan pengembangan UMKM di wilayah setempat. Melalui penggunaan konten promosi yang efektif, diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan daya jual dan mendapatkan pelanggan baru.

Ketua pelaksana Afit.M Lukman, M.Kom. menyampaikan bahwa UMKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Namun, banyak pelaku UMKM yang masih menghadapi kendala dalam memasarkan produk mereka. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting dalam membantu UMKM memperluas jangkauan pasar mereka melalui konten promosi yang menarik.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan tentang dasar-dasar pembuatan konten promosi yang efektif, mulai dari penulisan deskripsi produk yang menarik, fotografi produk yang menawan, hingga penggunaan media sosial sebagai alat promosi yang efektif. Selain itu, peserta juga dibekali dengan pengetahuan mengenai strategi pemasaran dan branding yang tepat agar produk UMKM dapat dikenal dan diminati oleh konsumen.

Peserta pelatihan sangat antusias dan aktif dalam mengikuti seluruh materi dan kegiatan yang disampaikan. Mereka sangat antusias dalam mempelajari cara-cara baru untuk memasarkan produk mereka dan meraih kesuksesan dalam bisnis UMKM. Para peserta melihat pelatihan ini sebagai kesempatan emas untuk mengembangkan usaha mereka dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa Karangkemojing.

Setelah mengikuti pelatihan, peserta berhasil menghasilkan konten promosi yang menarik. Mereka juga merasakan manfaat dari penerapan strategi pemasaran yang diajarkan dalam pelatihan. Banyak dari mereka yang menyatakan pelatihan ini sangat membantu pelaku UMKM.

Pelatihan yang diadakan oleh UBSI dan BUMDes Sumber Rejeki Desa Karangkemojing ini dapat dijadikan contoh yang baik bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan pengembangan UMKM. Melalui kolaborasi antara universitas dan pemerintah daerah, dapat terbentuk sinergi yang kuat dalam menghadapi tantangan ekonomi dan memberikan pengaruh positif bagi masyarakat.

Dengan semangat pengabdian masyarakat, pelatihan ini telah memberikan manfaat yang signifikan bagi para peserta. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin dan melibatkan lebih banyak UMKM di desa-desa sekitarnya. Dengan demikian, UMKM dapat menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat desa dan berkontribusi dalam membantu pemerataan pembangunan di Indonesia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *