Dosen Universitas BSI Kampus Kota Tegal Gelar Pelatihan Pembuatan Poster Kampanye Sosial untuk Bank Sampah Sampurna Berkah

  • Bagikan

Kota Tegal, 25 November 2023 – Universitas Bina Sarana Informatika, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Fakultas Teknik dan Informatika, Kampus Kota Tegal, telah sukses melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu, 25 November 2023, mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB di Desa Sidapurna, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Pelaksana kegiatan ini, Angga Ardiansyah M.Kom, menyatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat kali ini diarahkan untuk memberikan pelatihan pembuatan poster kampanye sosial kepada pengurus dan anggota Bank Sampah Sampurna Berkah. Bank Sampah Sampurna Berkah, yang berlokasi di Desa Sidapurna, merupakan mitra dalam program pengabdian masyarakat non-produktif.

Bank Sampah memiliki peran penting dalam pengelolaan sampah di Indonesia dengan tujuan mengumpulkan dan memilah sampah untuk daur ulang. Namun, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan agar Bank Sampah dapat berfungsi secara efektif. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus serta anggota Bank Sampah Sampurna Berkah. Dengan mengangkat tema “Pelatihan Pembuatan Poster Kampanye Sosial Untuk Penyebaran Informasi Bagi Bank Sampah Sampurna Berkah”.

Mitra kegiatan, Bank Sampah Sampurna Berkah, menghadapi beberapa permasalahan, antara lain minimnya pengetahuan tentang penggunaan poster sebagai media komunikasi efektif, kurangnya keterampilan dalam pembuatan poster kampanye sosial, dan kurangnya kemampuan membuat isi pesan yang komunikatif dan menarik pada poster. Solusi yang ditawarkan melalui kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang pentingnya poster sebagai media komunikasi, pelatihan pembuatan poster yang menarik dan komunikatif, serta pelatihan teknik pembuatan isi pesan kampanye sosial pada poster.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara tatap muka dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dengan adanya peningkatan kemampuan peserta dalam membuat poster kampanye sosial yang efektif. Dengan demikian, diharapkan Bank Sampah Sampurna Berkah dapat lebih efektif dalam mengkampanyekan keberlanjutan pengelolaan sampah kepada masyarakat Desa Sidapurna dan sekitarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *