Pelatihan Pembuatan Video dan Editing Video untuk Melatih dan Menunjang Keahlian Para Santri Pondok Pesantren Dar Al-Faradis

  • Bagikan

Teknologi Digital mengutamakan semua kegiatan dilakukan secara komputer/digital yang serba otomatis dan canggih dimana ditandai dengan munculnya smartphone dengan berbagai smart aplikasi yang ada di dalamnya. Berbagai aplikasi di smartphone yang dapat dipergunakan dalamberkomunikasi masih dihubungkan dengan penggunaan aplikasi media sosial yang sungguh sangat popular dikalangan masyarakat (1). Salah satunya adalah aplikasi CapCut. Aplikasi CapCut merupakan aplikasi edit video yang diunduh dari aplikasi playstore dengan menggunakan mobile. Aplikasi CapCut ini merupakan salah satu aplikasi edit video yang paling popular di playstore. Aplikasi ini banyak kalangan masyarakat khususnya remaja yang mengunduh aplikasi ini, terutama untuk kebutuhan edit video di smartphone. Aplikasi CapCut ini memiliki banyak kelebihan salah satunya yaitu dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran yang terkesan lebih kreatif dan lebih menarik dalam belajar. Selain itu manfaat dari penggunaan aplikasi CapCut dalam proses belajar yaitu mampu mendidik siswa untuk berpikir kritis, mewujudkan kondisi belajar mengajar yang efektif, sebagai bahan ajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan demikian diharapkan dalam penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa. Terutama dalam menulis teks iklan. (2) Pondok Pesantren Dar Al-Faradis Tegal merupakan pondok pesantren yang memiliki cukup banyak santri. Salah satu kurikulum Pendidikan pada pesantren tersebut adalah membekali mereka dengan keahlian dalam bidang teknologi. Maka pada pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi kali ini kampus Universitas BSI akan memberikan pelatihan pada santri pada pondok pesanteren Dar Al-Faradis berupa pelatihan pembuatan dan editing video guna meningkatkan keterampilan bagi para santri dalam menghadapi era 4.0.
Salah satu kewajiban bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat yang mana diharapkan Perguruan Tinggi di Indonesia dapat bermanfaat bagi masyarakat. Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Kota Tegal dalam melaksanakan Pengabdian Masyarakat kali ini adalah memberikan Pelatihan Pembuatan video dan Editing Video untuk Melatih dan Menunjang Keahlian Para santri Pondok Pesantren Dar Al-Faradis.
Acara dilaksanakan selama pada tanggal 09 September 2023 dengan jumlah peserta sebanyak kurang lebih 29 Santri. Pada acara Pelatihan ini dibuka oleh moderator, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh nara sumber pihak Kampus UBSI Kota Tegal, yaitu bapak Andrian Eko Widodo, M.Kom dan dibantu oleh rekan-rekan dosen yang lainnya seperti Bapak Dzulchan Abror, M.Kom, Ibu Puspa Fortuna Zulfa , M. Pd, Ibu Fandhilah, M.Kom serta dibantu juga dengan rekan-rekan mahasiswa dari kampus Universitas Bina Sarana Informatika. Materi yang disampaikan yaitu penggunaan aplikasi CapCut untuk membuat dan mengedit video.


Acara berjalan dengan lancar dan terlihat antusiasme dari para peserta selama mengikuti kegiatan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para santri dapat mempraktekannya untuk tugas pekerjaan harian sehingga akan semakin terbiasa dan menjadi mahir, serta mampu meningkatkan skill para santri dalam membuat dan mengedit video menggunakan aplikasi CapCut.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *