SMP Prestasi Global Depok Kedatangan Tim dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah

  • Bagikan

Panturaterkini.com, Depok– Berdasarkan Permendikbud Nomor 59 tahun 2012 (Pasal 1 ayat 2) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar Nasional Pendidikan. Tahun 2023 menjadi tahun pertama bagi SMP Prestasi Global Depok melaksanakan akreditasi.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, 3-4 Agustus 2023. Pukul 06.30 WIB, para guru dan tenaga kependidikan sudah siap menyambut asesor yang akan melaksanakan visitasi akreditasi.

Semua berkas yang mencakup empat  komponen penilaian akreditasi sudah disiapkan sebelum tahun ajaran baru oleh para guru.

“Kami sudah menyiapkan segala sesuatu yang memang diperlukan saat visitasi  dengan maksimal untuk akreditasi ini. Dan terima  kasih untuk para asesor atas ilmu yang telah diberikan kepada kami. Semoga kami dapat memperbaiki apa yang menjadi kekurangan  kami dan  mempertahankan apa yang sudah menjadi kebaikan bagi sekolah kami,”  ungkap Kepala SMP Prestasi Global  Karlinawati.

Rangkaian acara dimulai dari temu awal dengan penyerahan surat tugas tim asesor yaitu Dr. Widyasari, M.Pd dan Neneng Indah Permata, S.Pd., M.M, mengenai teknis pelaksanaan visitasi akreditasi SMP Prestasi Global. Dalam kesempatan tersebut tim asesor menjelaskan mengenai prosedur visitasi.

“Kami tim asesor bertugas untuk melakukan visitasi dalam empat  komponen yang akan dinilai dalam akreditasi di  antaranya komponen mutu kelulusan, proses pembelajaran, mutu guru dan administrasi sekolah,”  jelas kedua asesor.

Tim asesor mulai menjalankan tugasnya mulai dari mewawancarai komite dan tokoh masyarakat. Beberapa guru juga sudah bersiap untuk menjelaskan berkas-berkas komponen yang diperlukan asesor.  Wali murid serta beberapa murid SMP Prestasi Global pun ikut diwawancarai guna menghimpun beberapa informasi dari berbagai sumber.

Baca Juga : Guru SMP Prestasi Global Depok Raih Juara Lomba Berbalas Pantun

Proses pembelajaran pun menjadi salah satu penilaian oleh tim asesor. Guru yang dipilih secara random yaitu Ida Roifa, S.Pd   dan  Sukma Aprilita, S.Pd menjadi role model dalam visitasi tersebut.

Observasi lingkungan pun tak lepas dari penilaian. Semua terhimpun dalam acara temu awal hingga akhir yang dilengkapi dengan refleksi seluruh kegiatan visitasi akreditasi SMP Prestasi Global.

“Kami selaku asesor memberikan apresiasi karena sekolah SMP Prestasi Global memfasilitasi pembelajaran untuk siswa yang luar biasa,”  ujarnya.

Direktur Sekolah  Prestasi Global Ahmad Faisal  menyampaikan hasil yang diperoleh nantinya merupakan nilai yang sangat luar biasa. “Karena SMP Prestasi Global baru berjalan dua  tahun,” kata Ahmad Faisal.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *