Manfaat Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dalam Bisnis

  • Bagikan

Akibat situasi persaingan bisnis yang semakin ketat, maka factor kecepatan dan ketepatan untuk memperoleh suatu informasi yang up to date, akurat dan informatif sangatlah dibutuhkan untuk pengambilan keputusan bagi manajemen tiap perusahaan. Untuk itu Perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai usaha demi tercapainya peningkatan kerja yang lebih efisien. Salah satu Langkah untuk mencapai hal tersebut yakni dengan menerapkan ERP (Enterprise Resource Planning).

ERP dapat direalisasikan karena sistem penyimpanan yang dimiliki software ini menggunakan cloud dan tersimpan secara digital, sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk keperluan penyimpanan data.

Selain itu, ada beberapa manfaat yang didapatkan jika mengimplementasikan ERP pada perusahaan, yaitu:

1. Mengoptimalkan Efisiensi

Aktivitas operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga, seperti halnya pemantauan jam kerja, proses penggajian, laporan keuangan, semuanya dapat dilakukan secara otomatis oleh sistem ERP. Dengan demikian seorang manajer dapat memantau kinerja karyawan, serta mendapatkan data yang dibutuhkan secara real time.

2. Meningkatkan Kolaborasi

Kolaborasi antar departemen akan berjalan lancar, karena tiap departemen dapat mengakses data dari departemen lain yang sudah dimasukkan ke sistem ERP. Selain itu, ERP yang berbasis cloud  akan memperluas kolaborasi antar tim yang ada di seluruh perusahaan melalui koneksi internet.

3. Menghemat Biaya Operasional

ERP dapat menghemat biaya operasional, karena sebagian besar aktivitas operasional diotomatiskan, sehingga berbagai kendala, gangguan, dan kerusakan dapat diantisipasi dengan baik.

4. Meningkatkan Keamanan Data

Untuk mencegah kebocoran data ERP memiliki firewall, di mana seluruh data disimpan dalam sistem terpusat sehingga titik akses dapat dimonitor dengan ketat dan keamanannya terjaga.

Admin yang mengelola data perusahaan dapat memberikan hak akses terbatas kepada karyawan.  Selain itu, ERP dapat menunjukkan aktivitas pengguna, sehingga admin dapat mengidentifikasi tindakan yang tidak sah atau aktivitas yang mencurigakan dalam sistem dengan mudah.

5. Membuat Prakiraan Bisnis yang Akurat

Hal paling penting bagi kemajuan bisnis adalah prakiraan yang tepat dan akurat. Pemangku kepentingan dalam perusahaan akan bergantung pada laporan untuk membuat prakiraan yang pada akhirnya akan memengaruhi keputusan yang akan diambil. Keputusan yang diambil berdasarkan data yang akurat, akan berdampak besar bagi sebuah bisnis. Maka, penting bagi bisnis mendapatkan laporan yang lengkap, konsisten, serta real time.

Sistem ERP dapat membantu perusahaan untuk dapat meningkatkan akurasi data dan mempermudah pengolahan data untuk digunakan sebagai laporan ataupun perkiraan kebutuhan perusahaan. Tidak hanya itu, penerapan sistem ERP juga dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan keuangan perusahaan. Dengan begitu perusahaan dapat mengambil keputusan yang paling tepat berdasarkan data yang akurat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *