WORKSHOP PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI DESA KEBANDINGAN

  • Bagikan

Kebandingan adalah sebuah desa/kelurahan yang berada di wilayah Kebandingan, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal dengan luas wilayah 208.00 m2. Desa Kebandingan merupakan sebuah desa dengan gaya bahasa Tegal yang khas.

Sejarah Kebandingan belum ada yang mengetahui pasti, karena terdapat beberapa versi cerita sejarah Kebandingan Tegal. Namun versi manapun kita tetap menjaga dan menghormati, karena semua pasti ingin Kedungbanteng dikenal dan bahkan mengangkat kabupaten Tegal.

Kecamatan Kedungbanteng memiliki potensi wisata di area Persawahan. Namun jika potensi wisata di Kebandingan, kami belum menemukan potensi wisata tersebut. Mungkin suatu saat kelurahan Kebandingan dapat berkembang di wisata desa, agar masyarakat dapat lebih mandiri.

Desa Kebandingan, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal wilayahnya cukup padat, karena memiliki kepadatan sejumlah 3322. Angka yang tidak sedikit, karena Kedungbanteng wilayah Persawahan cukup luas.

Dengan total penduduk Kebandingan sejumlah 6910 dengan penduduk pria sejumlah 3600. Hal ini tentu saja dipengaruhi karena topologi desa Kebandingan yang sebagian besar area Persawahan. Sedangkan untuk penduduk wanita sejumlah 3310, selisih yang tidak banyak dari jumlah pria, menjadi acuan ketika mendekati pemilu / pemilihan umum, karena desa Kebandingan saja sudah luas apalagi kecamatan Kedungbanteng yang luas. Setelah mengetahui jumlah penduduk dengan masing-masing total wanita dan pria, kemudian jumlah KK (Kepala Keluarga) yang ada di Kebandingan sejumlah 2002.

Di tahun 2023 ini, ternyata Kebandingan sudah cukup maju. Hal ini dibuktikan dengan tingkat ekonomi desa Kebandingan, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal ini semakin naik. Maka dari itu Kabupaten Tegal selalu mensupport tiap desa agar lebih maju, terutama dibidang teknologi informasi.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, perwakilan dosen dan mahasiswa peserta bsi explore dari universitas bsi kampus kota tegal memberikan pelatihan pembuatan akun dan toko pada marketplace yang sudah banyak dikenal di masyarakat Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, bukalapak dan Lazada. Pelatihan dengan pendampingan dalam memahami pemanfaatan marketplace ini diharapkan meningkatkan kemampuan dalam memasarkan produknya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *