Universitas BSI Kampus Tegal Sukses Gelar Acara BSI Digination

  • Bagikan

Universitas BSI Kampus Tegal Sukses Gelar Acara BSI Digination-Seiring dengan perkembangan sifat dan karakteristik yang dialami remaja, mereka seringkali dihadapkan pada berbagai masalah yang berhubungan dengan faktor perkembangan. Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa dimana sekarang ini remaja banyak menghadapi berbagai tuntutan dari segala resiko perkembangan globalisasi yang sangat pesat. Apalagi di masa globalisasi sekarang, teknologi masih merajai segala lini kehidupan atau yang bisa disebut sebagai era digital.

Sebagai Upaya kebutuhan talenta digital Indonesia , Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Kota Tegal sebagai salah satu kampus digital creative bekerjasama dengan Digital Creative Ceneter (DCC) telah sukses mengadakan gelaran acara digination yang dikemas dalam bentuk kegiatan Workshop dan kunjungan industry.

Kegiatan ini mengundang 3 sekolah yang ada di wilayah Tegal, yaitu SMK Al-Irsyad, SMK Astrindo, SMK Muhammadiyah Kramat. Kegiatan ini telah terlaksana pada hari Kamis-Jumat, 19-20 Januari 2023 diaula Kampus Universitas BSI Kota Tegal.

Hadir dalam acara ini Ibnu Alfarobi selaku CEO dari Digital Creative Center (DCC), Muhamamd Tsabut,  selaku Head of Production BSI TV dan Radio serta Andrian Eko Widodo selaku content creator sebagai narasumber.

Andrian memberikan materi terkait dengan cara mengedit video menggunakan aplikasi cupcut, dalam materinya dijelaskan bagaimana proses untuk membuat sebuah atau mengedit video menggunakan cupcat, mulai dari menggambil video, mengedit video hingga menjadi sebuah video jadi.

 

“Dalam pengeditan video menggunakan Cupcat kita bisa menggunakan efek yang sudah di sediakan oleh aplikasi capcut, kita juga bisa mengedit filter dengan menggunakan filter yang ada hingga menjadi sebuah video yang sudah jadi” Jelas Andrian

Sementara itu dua narasumber lainnya yakni Ibnu dan Tsabit mengajarkan para siswa untuk membuat sebuah acara dengan memanfaatkan studio mini yang ada di Universitas BSI Tegal.

Ibnu menjelaskan kepada para peserta untuk membagi kelompok kemudian membagi peran masing-masing untuk belajar membuat sebuah podcast dan melakukan siaran Tv. “ Dalam kegiatan ini kita mengenalkan kepada siswa-siswi mengenai dunia penyiaran peserta, dengan memanfaatkan studio mini untuk membuat sebuah acara podcast” Jelas Ibnu

Di satu sisi “Slamet salah satu peserta BSI Digination menjelaskan bahwa acara BSI Digination ini sangat bagus buat kalangan anak SMK sangat mengedukasi, kita jadi tambah wawasan, melatih percaya diri, dan sangat menyenangkan karena langsung praktik”

 Salah satu guru pendamping Umi Masturoh mengatakan bahwa “ Acara ini sangat membuka wawasan anak tentang digitalisasi dan IT sehingga siswa lebih terbuka tentang digital, juga siswa langsung mendapatkan pengalaman baru dari materi yang sudah di sampaikan. Jika bisa Universitas BSI bisa mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya. “

“Alhamdulillah acara BSI Digination ini dapat berjalan dengan lancar, siswa/siswi juga sangat antusias dalam mengikuti praktik membuat video menggunakan aplikasi cupcut dan juga langsung praktik pada studio mini yang tersedia” Tutup fanny selaku moderator

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *