website statistics

Pendampingan Pembentukan Koperasi Pada Kelompok Pengrajian Karya Manunggal Bambu Semin Gunungkidul

  • Bagikan

Dalam rangka mendorong dan mendukung kelompok usaha bersama “Karya Manunggal Bambu” di Desa Mendesan Semin Gunung Kidul Yogyakarta, TIM Pengabdiaan Masyrakat yang terdiri dari Dosen Erlangga Brahmanto,M.M, Ariyanto,M.M, Yulianto, M.M, R. Jati Nurcahyo, M.M serta dibantu 3 mahasiswa menggelar acara sosialisasi dan pendampingan pembentukan koperasi sebagai wujud dan tindak lanjut dari kegiatan pengabdian masyarakat yang sebelumnya sudah dilaksanakan. Kegiatan sosialisasi  ini berlangsung pada hari Minggu 13 November 2022. Kegiatan sosialisasi dan pendampingan pembentukan koperasi yang digelar di aula kelompok kerajinan karya manunggal bambu Desa Mendesan Gunung Kidul juga dihadiri oleh para pegiat kerajinan bambu. Tidak hanya mahasiswa yang turut terjun ke masyarakat, namun para dosen juga turut mendampingi para mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

 

Kegiatan sosialisasi sekaligus pengabdian masyarakat ini disambut baik oleh pengelola dan para pengrajin usaha bambu ini. Pasalnya para pengrajin di kelompok usaha Karya Manunggal Bambu di Desa Mendesan Semin Gunung Kidul Yogyakarta ini masih memiliki kekurangan akan pemahaman dalam mengelola dan memanajemen sebuah usaha dalam suatu kelompok. Maka dari itu dosen sekaligus koordinator dari kegiatan sosialisasi ini, Erlangga Brahmanto,M.M bersama dengan dosen dan mahasiswa yang berjumlah 3 orang ini mengajak para pengrajin untuk bersama-sama meningkatkan taraf hidup melalui pengembangan koperasi. “Untuk mengembangkan usaha diperlukan sebuah wadah yang mampu mengelola dan memanajemen agar usaha yang dimiliki Desa Mendesan Semin Gunung Kidul bisa lebih maju dan terkelola dengan baik”, Ujarnya.

Besar harapan akan adanya kegiatan sosialisasi pendampingan pembentukan koperasi oleh dosen dan mahasiswa UBSI Yogyakarta ini dapat membantu warga Desa Mendesan Semin Gunung Kidul untuk  membangun dan mengembangkan potensi sekaligus kemampuan ekonomi para pengrajin bambu serta untuk mewujudkan perekonomian desa yang stabil melalui koperasi atau usaha bersama atas dasar kekeluargaan .

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *