website statistics

Siapkan SDM di Bidang Teknologi, Prodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI Kampus Kota Tegal Persiapkan Uji Sertifikasi

  • Bagikan

Tegal – Sertifikat kompetensi merupakan bukti pengakuan tertulis atas penguasaan kompetensi kerja yang diberikan kepada seseorang atas jenis profesi tertentu yang dimilikinya. Sertifikat tersebut diberikan oleh lembaga yang berwenang di bidang terkait, seperti organisasi profesi. Lembaga berwenang yang menerbitkan sertifikat kompetensi salah satunya adalah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yaitu lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja pada seluruh sektor bidang profesi di Indonesia melalui proses sertifikasi kompetensi kerja bagi tenaga kerja, baik yang berasal dari lulusan pelatihan kerja maupun dari pengalaman kerja.

Berdasarkan hal tersebutlah Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknik Informatika Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Tegal memberikan pembekalan sertifikasi kompetensi programmer yang digelar secara daring via Zoom pada Kamis (14/7/2022) kepada mahasiswa. Narasumber pada Kegiatan ini adalah Bapak Rizal Amegia Saputra yang merupakan Dosen Universitas BSI sekaligus  Assesor Kompetensi dari LSP BSI, beliau memberikan materi pembekalan bagi mahasiswa sebagai persiapan mengikuti ujian sertifikasi kompetensi.

“Di Era Society 5.0 ini, manusia hidup berdampingan dengan robot, dengan kata lain dibantu oleh teknologi. Maka dari itu, Indonesia akan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) ahli di bidang ilmu teknologi pada 2030 sebanyak 27 ribu orang. Sayangnya suplai talenta digital dari mahasiswa masih sangat terbatas. Sehingga perusahaan harus bersaing untuk mendapatkan tenaga IT terbaik,” jelasnya. Menurutnya, sertifikat kompetensi yang telah berlisensi BNSP ini, diharapkan akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa Universitas BSI dalam memperoleh pekerjaan di bidang IT.

Ia menambahkan, kegiatan pembekalan ini, diharapkan dapat memberikan ilmu, sekaligus bekal untuk mengerjakan soal Sertifikasi dan Uji Kompetensi Skema Programmer, dan mempermudah mahasiswa agar mendapatkan nilai serta predikat yang diharapkan.

“Sertifikasi kompetensi ini dapat membantu tenaga profesi dalam merencanakan kariernya dan mengukur tingkat pencapaian kompetensi, dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menyiapkan mahasiswa mampu meningkatkan rasa percaya diri, mengukur kemampuan masing-masing, membantu akses untuk mengembangkan diri, memudahkan menyaring calon karyawan dan meningkatkan produktivitas kerja.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *