HIMATK Universitas BSI Kampus Kota Tegal Sukses Menyelenggarakan Workshop “Introduction To Various Computer Troubleshooting”

  • Bagikan

HIMATK Universitas BSI Kampus Kota Tegal Sukses Menyelenggarakan WORKSHOP “Introduction To Various Computer Troubleshooting”

 

Himpunan Mahasiswa Teknologi Komputer (HIMATK) Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Kampus Tegal sukses menyelenggarakan Workshop Offline dengan tema Introducing To Various Computer Troubleshooting yang bertempat di Ruang 303 Universitas BSI Kampus Tegal pada Rabu (23/06).

Seperti kita ketahui bersama, bahwa dalam kehidupan sehari-hari komputer dan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki beragam manfaat apabila dikelola dengan bijak dan cerdas, maka penting bagi kita untuk tidak menjadi gagap teknologi serta mengetahui manfaat positif apa saja yang ditawarkan dari kemajuan TIK ini dalam kehidupan sehari-hari bagi kita khususnya bagi generasi muda sekarang.

Menjawab tantangan tersebut, HIMATK bergerak dan menjawab dalam kegiatan workshop yang dibuka langsung oleh moderator yang bertugas yaitu, M. Ali Zaenal Abidin kemudian setelah itu acara langsung diserahkan sepenuhnya kepada narasumber yaitu Angga Ardiansyah. Luthfiah Nur Salsabila selaku ketua HIMATK mengatakan bahwa rangkaian workshop offline ini diawali dengan pemberian atau pemaparan materi. Materi presentasi dibuat simpel tapi padat dan menarik sebagai trigger agar peserta cepat memahami materi yang disampaikan. Terakhir narasumber mendemokan beberapa uji praktek alat secara langsung tentang troubleshooting pada komputer.

“Materi meliputi pengenalan singkat tentang komponen-komponen pembentuk dalam komputer, langkah dalam memelihara hardware dan software, pengenalan dan identifikasi hardware, dilanjutkan dengan demo/uji praktek tentang penanganan troubleshooting pada komputer serta beberapa tips dan trik untuk perbaikan instalasi komputer beserta dengan solusinya,” katanya.

Ia menjelaskan kegiatan Workshop Pengenalan dan Troubleshooting Komputer ini merupakan acara yang di gagas oleh pengurus dan untuk pengurus HIMATK Universitas BSI Kampus Tegal, dengan tujuan untuk pengembangan diri dan menambah pengetahuan baru dalam mengenal, memahami, memanfaatkan dan menggunakan pengetahuan didalam merakit PC dan juga troubleshooting nya sebagai dasar kelak ketika terjun di masyarakat atau setidaknya untuk jangka pendek dapat bermanfaat bagi diri dan keluarganya sebagai bagian dari solusi dalam permasalahan yang ada.

Dipenghujung acara, peserta workshop diberikan alokasi waktu untuk bertanya ke narasumber untuk lebih memaksimalkan kegiatan workshop ini.

Fiqih Ibrahim salah satu peserta bertanya “PC sudah dirakit tetapi monitor masih hitam, tidak memunculkan apapun. Apa kendala yg terjadi?”.

Angga Ardiansyah selaku narasumber menjawab “Jika yang rusak Monitor nya coba cek menggunakan senter jika layer hitam dan setelah diberi senter terlihat citraan dari layer maka lampu backlight Monitor mengalami kerusakan,jika tidak maka cek komponen komputer yang lain. Yang pertama periksa RAM nya terlebih dulu apakah masih masih berfungsi dengan baik atau tidak, jika RAM berfungsi dengan baik maka komponen yang harus di cek selanjutnya adalah Kabel yang terhubung apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak , kabel yang dimaksud disini adalah kabel VGA karena biasanya untuk orang-orang yang baru merakit PC salah memasukan port kabel. Yang ketiga Coba Clear atau Reset Baterai CMOS, cara menghapusnya berbeda tergantung jenis Mainboard/Motherboard yang dipakai. Yang ke-empat periksa VGA computer karena VGA merupakan komponen yang berfungsi untuk mengolah grafis dan mengolah gambar pada komputer maka jika VGA rusak maka monitor tidak bisa menampilkan apa-apa. Yang kelima dan terakhir cek Power Supply apakah dayanya sudah stabil atau tidak,” Ujarnya.

“Dengan adanya kegiatan workshop ini, semoga HIMATK Universitas BSI Kampus Tegal menjadi kompeten dalam bidang Troubleshooting komputer dan dapat memahami segala jenis komponen beserta cara mengatasi berbagai troubleshooting yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari – hari,” tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *