Universitas BSI Kampus Tegal Ikut Tingkatkan Skill Santri Pada Bidang Aplikasi Perkantoran

  • Bagikan

TEGAL—Civitas Akademika Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Tegal bekerja sama dengan Pondok Pesantren (PONPES) Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kabupaten Tegal menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Aplikasi Perkantoran untuk para santri putra dan santri putri PONPES Ahmad Dahlan pada 12 Maret 2022 dan Lokasi pelaksanaan di PONPEN Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kabupaten Tegal . Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan skill para santri supaya di bidang aplikasi perkantoran, sehingga paca lulus sekolah mereka memiliki profil kemampuan aplikasi perkantoran untuk melamar pekerjaan. Karena sudah bukan hal umum lagi bahwa kemampuan komputer terutama kompetensi dalam aplikasi perkantoran menjadi syarat yang sering muncul dalam lowongan pekerjaan.

Tim pelatihan aplikasi perkatoran adalah Warjiyono yang dibantu oleh 2 dosen anggota, yaitu Husni Faqih dan Suleman serta 4 mahasiswa dari prodi Sistem Informasi dan Sistem Informasi Akuntansi. Pelatihan dibagi menjadi dua bagian untuk kelas putra dan kelas putri. Warjiyono dan Husni sebagai tutor menyampaikan materi tentang teori dan praktek penggunaan aplikasi Microsoft Word. Peserta dari para santri sebagian sudah terbiasa dengan Microsoft Word dan sebagian belum pernah menggunakan komputer. Pelatihan berjalan dengan lancar selain materi yang disampaikan oleh tutor mudah dipahami juga asisten tutor dari mahasiswa mendampingi dan membantu peserta yang mengalami kesulitan dengan baik. Di sesi akhir diadakan evaluasi pelatihan berupa studi kasus pembuatan surat resmi sesuai template yang sudah disediakan. Evaluasi menunjukan hasil yang baik terdapat peningkatan kemampuan dari para peserta. Setiap peserta mendapatkan sertifikat pelatihan pasca kegiatan.

Warjiyono menyampaikan bahwa penting sekali memiliki pengetahuan umum dan IPTEK terutama kemampuan dalam aplikasi perkantoran yang semoga menjadi modal yang baik untuk para santri ke depannya. Sedangkan Husni pun memberikan informasi bahwa para santri perlu sering berlatih untuk meningkatkan kemampuan motorik mereka dalam hal pengetikan, sehingga terbiasa mengetik dengan cepat dan rapi. Harapan dari Universitas BSI selaku Perguruan Tinggi yang terkemuka di Indonesia tetap menjadi andalan masyarakat dalam hal pendidikan selain sebagai tempat kuliah juga salah satunya melalui program pengabdian kepada masyarakat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *