website statistics

7 Cara Memilih Laptop untuk Anak Sekolah, Solusi Orang Tua Cerdas

  • Bagikan

Cara Memilih Laptop untuk Anak Sekolah – Kini belajar secara daring sudah menjadi gaya belajar baru yang kemungkinan besar akan terus berlangsung hingga beberapa tahun mendatang. Untuk mendukung proses belajarnya, penting bagi orang tua untuk memfasilitasi anak sebuah laptop.

Namun, tidak sedikit yang awam dengan teknologi. Pilihan seri yang sangat beragam dan harga laptop yang berbeda satu sama lain sering kali membuat bingung dalam memilih mana yang pas untuk anak.

Karena itulah, kami ingin membantu dengan memberikan beberapa tips dan cara memilih laptop untuk anak sekolah.

Tips Cara Memilih Laptop untuk Anak Sekolah sebagai Panduan

1. Tentukan Kesanggupan Budget

Umumnya, laptop yang bagus selalu dibanderol dengan harga fantastis di pasaran. Belum lagi keinginan orang tua agar laptop bisa dipakai hingga beberapa tahun kedepan. Hanya saja, daripada memaksa membeli laptop yang mahal tersebut, lebih baik tentukan kesanggupan budget yang sesuai dengan harga standar laptop pelajar, yakni sekitar 3-5 jutaan.

Masalah tahan lama atau tidak, tak perlu dirisaukan. Yang terpenting budget tidak terlalu tinggi, dan bisa segera memenuhi kebutuhan anak.

Anda bisa menabung kembali dan menukar laptop lama dengan laptop berspesifikasi yang sesuai dengan kebutuhannya nanti. Apalagi teknologi terus menerus berkembang. Tidak menutup kemungkinan laptop sekarang lebih murah beberapa tahun mendatang.

Baca Juga: Pusat Gorden Surabaya Lengkap dengan Harga Terbaik

2. Pilih Laptop Khusus Pelajar dengan Standar Terbaru

Untuk mendapatkan harga minimal, pilih laptop yang memang diperuntukkan bagi kelas pelajar. Tak perlu khawatir dengan spesifikasinya. Meski bukan yang tergolong super cepat layaknya laptop gaming atau laptop bisnis terbaik, spesifikasi yang tersedia sudah menyesuaikan kebutuhan standar belajar online untuk anak sekolah.

3. Penyimpanan SSD

Dari semua laptop pelajar yang ada di pasaran, tidak sedikit yang menawarkan penyimpanan HDD dan dibandrol harga lebih murah. Meski memiliki harga miring dengan ruang penyimpanan lebih banyak, penggunaan HDD cukup mempengaruhi performa. Sebaiknya, pilih laptop pelajar yang sudah dilengkapi dengan SSD.

Untuk masalah penyimpanan, sekarang sudah tersedia banyak platform storage cloud yang memungkinkan kamu menyimpan banyak file dalam jumlah besar di internet.

4. Daya Baterai Tahan 5 Jam

Cara memilih laptop untuk anak sekolah selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan ketahanan baterainya. Pilihlah laptop dengan ketahanan baterai minimal 5 jam. Spesifikasi tersebut sesuai dengan waktu belajar yang dibutuhkan anak dalam mengikuti kelas sekaligus mengerjakan tugas.

5. Harus Laptop Baru, Bukan Bekas

Perangkat dengan spesifikasi tinggi sudah pasti akan menghasilkan performa lebih baik. Namun sebaiknya kamu menghindari memilih laptop bekas demi mendapatkan laptop dengan spesifikasi tersebut. Selain kondisi yang tidak 100% terjamin, dikhawatirkan generasi komponen sulit diganti ketika terjadi kerusakan.

Baca Juga: Jasa Wrapping Sticker Mobil Jakarta

6. Membeli di Tempat Terpercaya

Tak perlu terpaku dengan garansi resmi dengan jaminan keamanan. Namun dengan catatan, pastikan kamu membeli laptop di toko terpercaya. Kabar baiknya, sekarang sudah banyak tempat terpercaya menjual laptop meskipun bergaransi distributor.

Perlu diketahui, harga laptop distributor biasanya lebih murah, sehingga sangat sesuai dengan keinginan orang tua untuk mendapatkan laptop terbaik.

Nah, berbincang tentang garansi, perbedaan antara laptop bergaransi resmi dan distributor terletak pada masa garansi yang lebih singkat, namun keuntungannya bisa mendapatkan layanan service lebih murah.

7. Berbobot Ringan

Pertimbangan terakhir dalam memilihkan laptop untuk kebutuhan sekolah anak adalah masalah bobot. Meski proses pembelajaran dilakukan jarak jauh, namun tak jarang siswa harus mengerjakan tugas kelompok di luar. Jadi, pastikan kamu membelikan laptop dengan bobot ringan untuk meringankan beban belajarnya.

Jadi, itulah tadi beberapa cara memilih laptop untuk anak sekolah. Tak perlu pusing memikirkan spesifikasi dan harga laptop. Pastikan semua yang disebutkan di atas terpenuhi dan kamu akan mendapatkan laptop yang tepat untuk kebutuhan belajar anak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *