Universitas BSI Kampus Tegal Sukses Gelar Workshop Pembekalan Uji Profisiensi Sistem Basis Data

  • Bagikan

TEGAL – Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Kampus Kota Tegal Universitas Bina Sarana Informatika (BSI)  bekerja sama dengan PREINEXUS selenggarakan Workshop pembekalan Uji Profisiensi Sistem Basis Data. Webinar diselenggarakan melalui Zoom Cloud Meeting yakni pada tanggal 20 Januari 2022 pukul 15.00 – 17.00 WIB. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa untuk mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi Basis Data yang diadakan oleh program studi. Peserta workshop adalah mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Akuntansi pada semester 3 (tiga). Dalam Kegiatan workshop pembekalan uji profisiensi dengan narasumber yaitu Dede Firmansyah, M.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Karawang, dengan didampingi Corie Mei Hellyana, ST, M.Kom selaku moderator workshop pembekalan Uji Profisiensi Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknik dan Informatika.

PREINEXUS merupakan penyelenggara E-Test For Indonesian Professional (Knowledge Proficiency) dan IAII (Ikatan Ahli Informatika Indonesia) sebagai organisasi yang mengeluarkan sertifikat. Dalam sambutannya Rizal Amegia Saputra, M.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi, mengatakan bahwa workshop tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa Prodi SIA untuk menghadai Uji Profisiensi Sistem Basis Data.

Dede Firmansyah memberikan informasi terkait sertfikasi sesuai dengan Juklak Pelaksanaan Workshop dan Sertifikasi Profisiensi Sistem basis Data. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang review matakuliah Sistem Basis Data yaitu: Pengenalan basis data, Bentuk interaksi basis data, Kekurangan dan kelebihan DBMS, Contoh basis data relational, Relation key, Relation schema, Relational database schema, Integrity constraints, Masalah pada Relation yang sudah dinormalisasi, Bahasa query formal, Operator dasar, Structure query language (SQL), Topologi, Keuntungan dan kerugian basis data terdistribusi, Fragmentasi data, DBDesigner, Konkurensi dan Lost update problem.

Setelah paparan materi dari narasumber utama yakni Dede Firmansyah, Kemudian Adi Supriyatna selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Utama lanjut memberikan paparan mengenai teknis pelaksanaan Uji Profisiensi Sistem Basis Data. Pelaksanaan Uji Sertifikasi Profisiensi Sistem Basis Data tersebut akan dilakukan secara online melalui website resmi ubsi.preinexus.id. “bahwa sertifikasi kompetensi termasuk sertifikasi uji profisiensi sangat penting sebagai bukti kemampuan dan legalitas keahlian mahasiswa untuk diakui di dunia kerja, sehingga Sertifikat Profisiensi ini sebagai pendukung kuat saat melamar kerja” tambahnya

kegiatan berjalan lancar dan para peserta sangat antusias dalam mengikuti rangkaian workshop pembekalan Uji Profisiensi Sistem Basis Data dengan harapkan diadakannya acara ini akan menambah wawasan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *