Pentingnya Mitra dan Alumni Universitas BSI Untuk Sinkronisasi Kurikulum FTI

  • Bagikan

Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas Bina Sarana Informatika (Universitas BSI) menggelar kegiatan Sinkronisasi Kurikulum FTI dengan tema Temu Saran dengan Mitra dan Alumni FTI pada hari Rabu, 5 Januari 2022. Acara yang dilaksanakan masih pada masa Pandemi Covid-19 ini diselenggarakan secara daring dan dihadiri Dekan FTI dan jajaran Ketua Program Studi di bawah Fakultas Teknik dan Informatika serta Program Studi sejenis dari Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) termasuk 3 Program Studi dari PSDKU Kota Tegal, yaitu Prodi Sistem Informasi Kampus Tegal, Prodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Tegal, dan Prodi Teknologi Komputer Kampus Tegal. Acara ini mengundang 4 Mitra dan 4 alumni sukses FTI Universitas BSI yang akan diajak berdiskusi untuk memberikan saran dan masukan untuk sinkronisasi kurikulum pada FTI Universitas BSI.

Pentingnya Mitra dan Alumni Universitas BSI Untuk Sinkronisasi Kurikulum FTI

Dalam sambutannya, Dr.Didi Rosiyadi, M.Kom selaku Rektor Universitas BSI menyampaikan tentang sangat pentingnya acara ini bagi Fakultas Teknik dan Informatika agar kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia usaha. Kami berharap mahasiswa-mahasiswa kami ketika sudah lulus, mereka sudah siap terjun langsung ke dunia industri atau dunia usaha.. Dari yang disampaikan Dekan terlihat bahwa Acara Temu Saran antara Fakultas dan Mitra serta Alumni sangatlah penting dalam peningkatan/upgrade kurikulum khususnya di Fakultas Teknik dan Informatikan yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri saat ini.

Pasca Sambutan, acara ini dilanjutkan dengan perkenalan tentang Universitas BSI serta profil Fakultas Teknik dan Informatika dan profil-profil Program Studi, kemudian perkenalan para Mitra dan Alumni FTI. Pada kegiatan inti dari acara ini adalah sesi diskusi antara FTI Universitas BSI beserta Program Studi dengan para Mitra dan Alumni FTI. Penyampaian dari beberap Mitra seperti dari PT. Pegadian yang disampaikan oleh Ibu Lukitarini pentingnya mahasiswa untuk mengikuti banyak seminar, workshop dan training supaya meningkatkan kompetensi contohnya PHP, Laravel, UI/UX, seminar, training, serta sertifikasi sesuai bidang ilmunya.

 

Pentingnya Mitra dan Alumni Universitas BSI Untuk Sinkronisasi Kurikulum FTISalah satu Mitra Perusahaan yang hadir adalah PT. Witha Aplikasi Nusantara yang merupakan perusahaan Startup tingkat international yang sudah 5 kali menjadi nara sumber Kegiatan Akademik Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Kampus Tegal baik berupa Seminar maupun Workshop. Edi Kurniawan selaku perwakilan dari PT. Witha Aplikasi Nusantara menyampaikan tentang dunia industri dan dunia usaha sekarang sangat membutuhkan lulusan yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi mobile programming. Karena kebutuhan sekarang banyak sistem dan aplikasi yang dibuat untuk pengguna mobile baik itu android atau IOS (apple). Kemudian kualifikasi yang dibutuhkan mahasiswa tentang mobile programming seperti flutter.

Aji Wibowo selaku perwakilan alumni sukses dari Prodi Sistem Informasi Kampus Tegal yang saat ini bekerja sebagai Team Lead Software Engineer di PT. Astra Digital Artha menyampaikan kalau bisa tiap prodi ada penjurusan, sebelum lulus mengerucut minat penjurusan agar lebih fokus. Agar nantinya mahasiswa ketika sudah lulus sudah siap memasuki dunia industri dan dunia usaha.

Berdasarkan masukan dan saran dari para Mitra dan Alumni FTI Dari hasil acara ini Dekan FTI dan para Program Studi Universitas BSI prodi sangat setuju untuk membedah dan meningkatkan tentang proses pembelajaran desain thingking. Prodi akan mengakomodir tentang kebutuhan dunia industri dan akan menselaraskan kebutuhan industri dengan kurikulum agar lulusan lebih siap untuk terjun ke dunia indrustri.

Husni selaku Kaprodi Sistem Informasi Kampus Tegal menyampaikan bahwa dengan adanya temu saran dengan Mitra dan Alumni ini sangat membantu Program Studi khususnya Prodi Sistem Informasi dalam merumuskan (upgrade) kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan DUDI, sehingga lulusan dari Prodi Sistem Informasi dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja dari DUDI mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat sesuai dengan profil Lulusan Prodi Sistem Informasi, yaitu Programmer dan Jr. Analyst System.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *