website statistics

Langkah Paling Mudah Menyusun Visi dan Misi Untuk Sukses

  • Bagikan

Visi adalah sebuah perjalanan mental dari yang di ketahui dari yang di ketahui menuju yang tidak di ketahui, menciptakan masa depan dari gabungan berbagai fakta sekarang, harapan impian bahaya dan impian (Hickman dan Silvia, dalam Kartakusumah, 2006). Ahli lain berpendapat visi adalah gambaran kondisi masa depan yang masih abstrak, tetapi merupakan konsepsi yang dapaat di baca oleh setiap orang (Salusu, dalam Tangkilisan, 2007).

Dari pendapat tersebut dapat di artikan bahwa visi adalah sebuah konsep tentang tujuan atau gambaran masa depan yang bisa di gambarkan dan di baca secara jelas oleh setiap orang.

Setiap manusia adalah pemimpin, dan setiap pemimpin harus menetapkan visi yang jelas untuk mengarahkan semua orang yang di pimpin ke arah yang lebih baik. Penetapan sebuah visi yang tepat dan akurat membutuhkan sebuah proses panjang yang terprogram secara baik dan jelas. Dengan kata lain untuk menetapkan sebuah visi di perlukan sebuah pemikiran yang cemerlang.

Sering kali istilah visi di kaitkan dengan sebuah instansi atau lembaga, dan itu memang benar, karena jika sebuah instansi atau lembaga tidak punya visi yang jelas ia akan berjalan secara pincang. Ibarat kata sebuah kapal yang berada di samudra tanpa tau arah tujuannya kemana. Sebenarnya istilah visi bisa di kaitkan dengan banyak hal, salah satunya dalam belajar di kampus.

Cara Menetapkan Sebuah Visi Dalam Belajar

Kemauan untuk berpikir

Visi yang bagus hanya akana lahir dari orang-orang yang pikirannya cemerlang. Sedangkan untuk mencapai itu semua perlu proses dan kerja keras. Tingkatkan kemauan anda untuk berpikir dengan banyak membaca, mengikuti forum diskusi, dan banyak minta pendapat orang lain. Perlu diingat jangan pernah mengatakan “aku tidak bisa” pad diri sendiri

Meningkatkan motivasi diri

Dalam hal apapun motivasi selalu pentiing dan akan selalu menunjang keberhasilan. Seperti di awal tadi di katakan bahwa untuk menetapkan sebuah visi di butuhkan kemampuan berpikir yang baik. Kemampuan berpikir yang baik hanya akan terbentuk jika seseorang memiliki motivasi yang tinggi.

Meningkatkan kemampuan melihat peluang

Penerapan visi yang baik juga harus melihat relefansi dan peluang yang ada. Jangan sampai visi yang di tetapkan tidak relefan dan memiliki peluang yang tipis. Kemampuan melihat peluang akan mengarahkan seseorang untuk lebih selektif dalam menetapkan sebuah visi, Kenapa kemampuan melihta pelauna ini penting karena kesuksesan belajar akan selalu berhubungan dengan karir, dan unuk mendapatkan keberhasilan dalam karir, harus pandai melihat peluang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *