website statistics

Kiat Sukses Belajar

  • Bagikan

Kiat sukses belajar adalah cara atau stretegi yang di lakukan seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada umumnya setiap orang memiliki kita-kiat tersendiri untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Hal ini karenakan setiap orang memiliki latar belakang, minat dan motivasi serta tingkat intelegensi yang berbeda-beda.  Tapi yang jadi masalah tidak semua orang tahu bagaimana caranya memperoleh keberhasilan dalam belajar. Di itulah dalam tulisan ini saya akan menjelaskan kepada anda bagaimana kiat sukses dalam belajar.

Sebelumnya perlu di ketahui bahwa ada tiga tahapan penting dalam belajar. Pertama, tahap pra belajar, yaitu faktor  yang harus di ketahu sebelum proses belajar di lakukan. Dalam tahap ini ada tiga faktor penting yang harus di perhatikan yaitu, moivasi, emosi positif dan gaya belajar. Kedua tahap belajar. Tahap ini ada beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu kemampuan membaca, kemampuan mencatat bebas, doa, posisi belajar dan jeda. Ketiga tahap Pasca Belajar, yaitu tahapan setelah proses belajar selesai.  Dalam tahap ini ada beberapa faktor yang harus di pahami yaitu kemampuan mereview, senam otak dan teknik memori.

Kiat Sukses Belajar

Kiat Belajar sukses

Setelah anda memahami ketiga tahapan di atas , berikut kiat-kita yang bisa anda terapkan untuk mencapai keberhasilan dalam belajar.

Menyusun jadwal kegiatan

Kalau anda ingin mencapaik kesuksesan dalam balajar maka haal pertama yang harus ada lakukan adalah mengatur jadwal belajar anda. Kenapa harus terjadwal, karena belajar membutuhkan konsistensi dan disiplin, dengan menyusun jadwal belajar yang tepat anda akan terbiasa untuk melakukan kegiatan belajar secara terprogram. Membuat jadwal mungkin mudah, tapi bagaiman anda disiplin dalam mematuhi jadwal untuk tidak mudah, untuk itu diperlukan motivasi diri yang kuat, supaya anda terdorong untuk belajar sesuai dengan jadwal yang telah anda tentukan.

Belajar sesuai dengan gaya belajar yang di miliki

Di awal tadi sudah sedikit di bahwa faktor yang harus di perhatikan dalam belajar adalah gaya belajar. gaya belajar ini umumnya ada tiga yaiti auditorial, visual dan kinestik. Anda harus tahu betul gaya belajar anda, karena kalau tidak anda akan sulit mendapatkan hasil maksimal. Mengatui gaya belajar ini  caranya cukup mudah yaitu dengan memikirkan belajar yang seperti apa yang paling menyenangkan untuk anda, apakah dengan mendengarkan musik, atau dengan membaca dan lain sebaginya.

Memilih tempat yang nyaman untuk belajar

Tidak bisa di pungkiri kenyaman tempat belajar sangat penting dalam belajar. Hal ini sangat berpengaruh pada konsentrasi andaa dalam belajar. kalau konsentrasi sudah terganggu maka akan sulit bagi anda memahami meteri yang sudah di pelajari. Tempat yang nyaman di sini tidak harus bagus, yang penting tidak bisa membuat anda mudah berkonsentrasi.

Belajar jangan memorsir waktu

Ini hal yang paling penting dan perlu diperhatikan, hentikan kebiasaan belajar kalau mau mendekati ulangan atau ujian. Biasanya jika kebiasaan ini tidak di rubah maka anda akan cenderung belajar ngebut semalem dan hal ini jelas tidak akan efektif. Maka dari itu untuk menghindari hal semacam ini sebainya anda belajar sesuai dengan jadwal yang sudah anda buat sebelumnya. Ada ulangan atau tidak anda harus belajar setiap hari, meskipun hanya sedikit-sedikit yang terpenting adalah konsistensi dan istiqomahnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *