website statistics

6 Sifat Para Pemenang Sejati

  • Bagikan

Menjadi pemenang bukan semata-mata kita mendapatkan sebuah medali atau ketenaran hidup. Tapi lebih dari itu seorang pemenang harus memiliki sifat-sifat terpuji yang akan membuatnya semakin memiliki kharisma dan kerakter seorang pemenang. Ada enam sifat dasar yang dimiliki oleh para pemenang sejati.

pemenang sejati

Jujur

Ada orang bilang jujur itu ajur. Ini jelas kata-kata yang salah, karena yang namanya kejujuran akan selalu menang sampai kapanpun. Salah satu sifat terpuji ini mutlak dimiliki oleh para pemenang sejati. Siapapun yang mengaku pemenang sejati maka dia akan menjadi orang yang jujur.

Sabar

Orang sabar disayang Tuhan. Ya itulah satu kalimat yang harus kita yakini kebenarannya. Sabar menunjukkan bahwa diri kita adalah pribadi yang berjiwa lapang atas ketentuan yang telah kita jalani. Namun menjadi orang sabar itu bukan kerja yang mudah. Jujur saja sampai saat ini saya masih terus menerus berlatih bagaimana bisa menjadi pribadi yang lebih sabar dalam menghadapi segala problem kehidupan.

Taat

Para pemenang itu adalah orang yang taat. Taat kepada Tuhannya, kepada Nabinya, kepada gurunya dan kepada orang tuanya. Terlepas dari taat kepada Tuhan dan Nabinya, ada sebuah pengecualian kalau yang diperintahkan baik maka kita harus taat tapi jika diperintahkan tidak baik, maka kita harus menolaknya dengan cara yang baik. Selain itu seorang pemenang juga taat kepada norma-norma yang berlaku di masyarakat dan hukum yang berlaku dalam suatu pemerintahan.

Syukur

Para pemenang akan mensyukuri segala karunia yang diberitakan Tuhan dengan hati yang gembira. Syukur itu sendiri bukan hanya sekadar ucapan kata alhamdulillah tapi lebih dari itu, syukur itu harus pula diwujudkan dalam satu bentuk perlakuan. Misalnya dengan cara memberikan nikmat yang diberikan Tuhan untuk menolong orang, atau hal-hal yang lain yang nyata dalam bentuk perbuatan positif.

Tidak suka mengeluh

Para pemenang tidak suka mengeluh. Apapun kondisi yang sedang kita alami, kita akan tetap berusaha untuk tersenyum. Kita sadar bahwa situasi buruk atau kondisi itu hanyalah sebuah stimulus yang berasal dari luar. Jadi kita bisa melawannya. Caranya, dengan merubah kualitas pertanyaan kita. kalau awalnya kita sering mengeluh dengan bertanya “mengapa, kenapa, sekarang dirubah dengan “apa dan bagaimana”.

Murah hati

Murah hati itu maksudnya suka memaafkan. Para pemenang memiliki hati yang luas untuk memberi, termasuk dalam memberi maaf kepada orang-orang yang mungkin telah mengganggu atau berbuat salah dengannya. Orang yang suka memaafkan hatinya akan penuh dengan kesejukan dan kasih sayang.

Itulah 6 sifat para pemenang sejati. Bagaimana dengan kita berapa hal dari keenam hal di atas yang sudah kita miliki? Semoga ini bisa menjadikan bahan renungan buat kita semua.

Semoga bermanfaat

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *