UBSI Kampus Tegal Buka BEASISWA KIP Kuliah Untuk Calon Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021

  • Bagikan

 

 

Beasiswa KIPKuliah  adalah program beasiswa dari pemerintah dalam rangka pemerataan akses pendidikan tinggi sekaligus mendukung program Merdeka Belajar. KIP Kuliah memberikan akses kepada seluruh siswa di indonesia untuk menggapai cita-cita melalui perguruan tinggi. Untuk mendaftar KIP Kuliah siswa memerlukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).  KIP-Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

Universitas Bina Sarana informatika (UBSI) Kampus Kota Tegal salurkan beasiswa KIP untuk calon mahasiswa baru tahun ajaran 2021. Berikut untuk persyaratan dan berkas yang harus di siapkan saat pendaftaran KIP di Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Tegal.

Persyaratan Beasiswa KIP Kuliah tahun 2021

 

1.    Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2021, memiliki identitas berupa NISN dan NPSN yang valid di PDSPK.

2.    Lulusan tahun 2020 atau 2019 yang bukan penerima Bidikmisi atau KIP Kuliah 2020 dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di Universitas Bina Sarana Informatika.

3.    Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

a.    Calon mahasiswa/i pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau

b.    Calon mahasiswa/i berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)/ Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/ Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

c.    Calon mahasiswa/i dari keluarga miskin/rentan miskin dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lingkungan Tempat Tinggal atau

d.   Calon mahasiswa/i bertempat tinggal di panti asuhan/panti sosial atau

e.    Calon mahasiswa/i dengan keterbatasan akses, termasuk difabel, asal 3T, Papua dan Papua Barat atau

f.     Calon mahasiswa/i pada kondisi khusus karena bencana atau lainnya atau

g.    Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 4.000.000 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 setiap bulannya.


Berkas yang Dibutuhkan

1.    Bukti keterangan tidak mampu (pilih salah satu)

a.    Scan Kartu KIP (yang dimiliki saat SMA/SMK)

b.    Scan PKH/KKS/DTKS (milik orangtua)

c.    Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari lingkungan tempat tinggal (kelurahan/kecamatan/Dinas Sosial)

d.   Surat Keterangan dari Panti Asuhan/Panti Sosial bahwa calon penerima beasiswa tercatat di Dinas Sosial (khusus bagi calon penerima beasiswa yang bertempat tinggal di panti asuhan/panti sosial)

2.    Scan KTP/Kartu Pelajar

3.    Scan Kartu Keluarga (KK)

4.    Foto rumah tampak depan

5.    Foto ruang tamu

6.    Foto keluarga

7.    Foto pribadi/pas foto

8.    Scan ijazah/Surat Keterangan Lulus

9.    Scan Rapot kelas 11 dan kelas 12

PROGRAM STUDI YANG TERSEDI

1.    Sistem Informasi (D3) untuk Kelas Pagi/Malam

2.    Sistem Informasi Akuntasni (D3) untuk Kelas Pagi

3.    Teknologi Komputer (D3) untuk Kelas Pagi

Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) ini merupakan salah satu upaya untuk membantu para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tapi berprestasi untuk dapat melajutkan studi di perguruan tinggi yang di inginkan serta membantu bagi siswa-siswa yang terkendala biaya pada masa pandemi covid seperti sekarang ini. Siswa yang ingin kuliah sambil bekerja juga bisa banget mendaftar melalui jalur KIP  karena di UBSI Tegal tersedia untuk kelas karyawan. Yuk segera daftarkan diri kalian jika terdapat kendala bisa hub ke wa admin 0895332999851/085826385181. Jangan lupa Kuliah…?? BSI Aja..!!!

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *