UBSI TEGAL dengan SMA AL-Irsyad Selenggarakan Seminar Motivasi

  • Bagikan

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Tegal telah berkolaborasi dengan SMA AL-Irsyad Kota Tegal pada Kegiatan Seminar Motivasi. Kegiatan ini dengan tema Pelatihan Softskill  “Proses Pengembangan Diri Dalam Dinamika Kelompok” telah berlangsung pada dua hari Jum’at dan Sabtu pada tanggal 19 -20 Januari 2021, Pukul 08.00-13.00 WIB yang diikuti oleh siswa-siswi kelas X dengan jumlah siswa yang mengikuti sekitar 155 Siswa.

Acara di buka dengan sambutan oleh Bpk  sekolah SMA AL-Irsyad Bpk Abu Tholib, SH.I,MSI. Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya dalam setting pendidikan formal di tingkat sekolah, juga tidak lepas dari berbagai kendala dan permasalahan yang harus dipecahkan. Beberapa sekolah menengah atas/sederajat dapat menjadi contoh berbagai kendala yang harus dipecahkan terutama saat pembelajaran jarak jauh seperti saat ini, permasalahan yang terkait dengan kompetensi softskill siswa. Permasalahan yang dimaksudkan yaitu, kualitas pribadi seperti perilaku siswa yang kurang bertanggungjawab, tidak percaya diri, tidak jujur dalam bertutur, dan pengendalian diri, sedangkan keterampilan interpersonal seperti ketidakmampuan siswa dalam bekerja dalam keragaman, kemampuan berempati dan cenderung tertutup dalam berkomunikasi. hal ini ditunjukkan siswa kepada teman sebaya dan guru baik dalam proses belajar di kelas maupun di luar kelas. Ujar bpk Abu Tholib

Seminar ini telah menghadirkan Narasumber yang ahli di bidangnya yakni Andrian Eko Widodo, M.Kom selaku Dosen UBSI Kampus Kota Tegal. Dalam penyampaian materinya beliau menyampaikan bahwa Softskill merupakan istilah sosiologis yang merujuk pada sekumpulan karakteristik kepribadian, daya tarik sosial, kemampuan berbahasa, kebiasaan pribadi, kepekaan/kepedulian serta optimisme. sedangkan pengaruh kelompok dapat mempengaruhi softskill siswa. pengaruh kelompok sosial terhadap kehidupan pribadi secara umum berpengaruh pada persepsi individu, sikap mayoritas, serta tingkah laku individu. berdasarkan pernyataan tersebut dianggap perlu sebagai upaya pemenuhan kebutuhan untuk mengembangkan kemampuan diri siswa, dalam hal memiliki kualitas kepribadian seperti tanggung jawab, kepercayaan diri, manajemen (pengendalian) diri, berpikir kreatif dan kritis, dan integritas atau kejujuran; dan keterampilan interpersonal, seperti berkomunikasi yang efektif, tutur bahasa yang Santun, Empati Terhadap Teman, Kemampuan Negosiasi, Membangun Tim Dan Bisa Bekerja Dalam Keragaman.

Dalam acara ini juga di isi dengan berbagai game asah otak atau permainan yang dilakukan antar kelompok dengan tujuan untuk melatih siswa membuka mendset otak kanan dan otak kirinya serta melatih siswa dalam bekerjasama antar kelompok. Ujar Andrian selaku narasumber

“ Saya sangat senang mengikuti acara ini selain melatih softskil juga banyak game yang menarik yang membuat tambah semangat dan membuat pikiran kita semakin terbuka tidak hanya stak dalam kenyamanan tapi harus keluar dari dunia nyaman tersebut dan kita juga jangan hanya melihat masalah dari satu sisi maka lihat dari sisi laiinya juga dalam menyelesaikan masalah”. Ujar Renta peserta seminar motivator.

Acara ini berjalan dengan lancar dan ditutup dengan sesi video motivasi penutup untuk penyemangat. Peserta yang mengikuti sangat antusias dan sangat aktif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *