5 KEUTAMAAN MEMBACA SURAT AL-WAQIAH

  • Bagikan

Surat al-waqiah adalah salah satu surat yang ada dalam al-qur’an yang merupakan surat yang ke 56 dan terletak di Juz  27 didalamnya terkumpul 96 ayat-ayat yang banyak mengandung hikmah. Kenapa surat al-waqiah di namakan al-waqiah? Ini tak lain karena di ambil dari kata yang ada di ayat pertama idzaa Waqo’atil Waaqi’ah. Arti ri surat Al-Waqiah sendiri dalam bahasa arab adalah “Kiamat” Karena memg di dalam surat tersebut banyak menceritakan tentang kejadian di hari kiamat. Selain menjelaskan tentang hari kiamat dijelaskan pula tentang penciptaan manusia dan tumbuhan serta kebangkitan manusia di akhirat.

KEUTAMAAN MEMBACA SURAT AL-WAQIAH

Surat Al-Waqiah juga mempunyai beberapa keutama. Apa saja Keutamaan Tersebut? Berikut penjelasannya.

Terhindar dari sifat lalai

Salah satu khasita dari membaca surat Al-Waqiah yang di sebutkan dalam hadist adalah bisa terhindar dari sikap lalai, Mengobati sering lupa dan pikun.

Dalam seah riwayat hadist, Ubay bin Ka’ab berkata bahwa Rasullah telah bersabda

   “ Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah maka ia akan di catat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.

Di Jauhkan dari kefakiran

Rasuullah bersabda dalam sebuah hadist bahwa

“ Barang siapa yang membaca surat Al-Waqia ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya”

Lewat hadist tersebut, Rasulllah mengajarkan bahwa jika kita tetap konsisten terhadap apa yang kita kerjakan maka insyalloh akan mengkayakan kita. Yang peu di catat adalah bahwa kekayaan yang didapat merupakan kehendak allah da bukan karena hanya kerasnya kerja kita . Keseimgan antara doa dan ikhtiar menjadi kuncinya.

Akan mendapakan cinta Allah

Bagi kaliayang ingin mendapatkan cita allaoh dan kasih alloh , Rajin-Rajinlah mbaca surat Al-Waqiah, Namun akalebih baik lagi jika kita semua surat yang ada dalam Al-Al-Quran karena semuanya memiliki faedah.

Akan Memilik Wajah Seperti Cahaya Bulan Purnama Saat Berjumpa Dengan Alloh

Seseorang yang membaca Al-Waqiah akan mendapati wajahnya yang bercahaya seperti cahaya rembulan , Seperti yang di jelaskan oleh Imam Muhammad Baqir dalam perkataanya. “ Barang siapa yang membacara Surat Al-Waqiah sebelum tidur maka ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.

Akan di permudah Rezeki dan Hajatnya

Salah satu keuatamaan dari surat Al-Waqiah bagi pembacanya adalah bisa memperlancar rezeki dan juga keinginan.

Imam Jafar Berkata” Barang siapa membaca surat Al-Waqiah di waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau mncari kebutuhan, maka allah taala akan mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan Barang siapa yang membaca Al-Waqiah di waktu sore, maka ia tidak akan kelaparan dan kehausan dan tidak akan takut terhadap orang yang akan menfitnah, sedangkan fitnahnya kembali ke orang itu”.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *