Destinasi Wisata di Tegal Jawah Tengah “Waduk Cacaban”

  • Bagikan

                                            Sumber: Potret penulis

Sejarah singkat waduk Cacaban

Waduk cacaban merupakan waduk warisan dari presiden pertama kita yaitu Soekarno. Pada waktu itu presiden soekranopernah mendatangidaerah kabupaten TegalJawa Tengah. Pada awalnya sebelum di bangun waduk daerah itu merupakan sebuah sunga yang sangat dalam yang basanya orang tegal menyebutnya dengan sebutan Kedung atau dalam bahasa indonesia adalah Sungai yang dalam. Kedua itu dahulu namanya kedung pipisan dimana pipisan itu merupakan  semacam tempat glitu (wadah meramu obat). Akhirnya Kedung pipisan itu di bangun menjadi sebuah waduh, setelah 6 tahun pengerjan soekarno pun merubah nama tempat tersebut menjadi “Waduk Cacaban”. Kata “Cacaban” ini memiliki arti yang berasal dari bahasa jawa ancaban yang artinya menarik perhatian atau membuat penasaran. Mungkin pada waktu itu yang di maksud Bung Karno memerikan nama Cacaban pada waduk tersebut agar waduk mnjadi objek yang membuat banyak orang penasaran sehingga di kujungi oleh Nusantara.

Pembangunan waduk seluas 928,7 hektar yang mapu menampng 90 juta eter kubk air itu selesai di kerjakan selama 6 tahun, Pengerjaanya selesai pada tanggal 19 Mei 1958. Peresmian tempat tersebut di resmikan oleh Mr Sartono karna pada waktu itu Bung Karno ada kegiatan mendesak sehingga  peresmiannya diwakilkan. Pada 1952, awal peletakan batu pertama di waduk tersebut, Bung Karno datang ke lokasi sembari menggenggam Tongkat Sapu Jagad, juga mengenakan pakaian khasnya, jas putih serta kopiah dan kacamata hitam. Dari cerita yang beredar, peletakan batu pertamanya menggunakan Cungkir Emas dan Konon Cungkir Emas tersebut masih terdapat di dalam air di waduk tersebut, namun informasi benar atau tidaknya masih simpang siur.

Lokasi Waduk Cacaban

Lokasi waduk cacaba berada di Desa Panujah, Kecamata Kedung Banteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Lokasi waduk yang cukup jauh dari perkotaan membuat suasana waduk sangat alami dan sangat asri. Uniknya di tengah tengah waduk juga terdapat pulau-pulau kecil yang salah satunya bernama pulau gendu  Diwaduk juga terdapat perahu yang di gunakan untuk menuju kepulau pulau kecil tersebut.

Tiket Masuk Waduk Cacaban

Harga masuk kewaduk cacaban sangat murah kita hanya membayar sebesar Rp. 6000 /orang bisa menikmati pemandangan sepuasnya. Jam Operasiona buka setiaphari dari jam 07.00-17.00 WIB. Kalian bisa menikmati pemandangan sambil menikmati mendoan karna di pinggiran waduk terdapat banyak warung yang menjual makanan dan jajajan. Tempat ini juga cocok untuk Rekrasi dengan Keluarga. Selain banyak jajanan jika kalia ingin keliling kewaduk di sini juga di sediakan perahu untuk keliling waduk dan menuju ke pulau-pulau kecil yang terdapat di tengah waduk Untuk harga perahu sebesar Rp  10.000/orang untuk keliling sekitar 15-25 menit. Wisata murah, Tempat indah dan cocok untuk berkumpul dengan keluarga tercinta bisa banget datang ke Waduk Cacaban ini. Jangan Lupa mampir jika berkunjung ke Tegal ya gaes.

Penulis: Fanny Fatma Wati

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *