UBSI Tegal Mengadakan Workshop Sitasi Jurnal dengan Mendeley

  • Bagikan

TEGALProdi Teknologi Komputer Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Tegal menggelar Workshop Manajemen Jurnal menggunakan Mendeley dengan tema ”Implementasi Aplikasi Manajemen Referensi dan Plagiarisme untuk Penulisan Ilmiah”.  Workhsop ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil penelitian Dosen UBSI kampus Tegal terutama jurnal, baik nasional maupun internaional. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Februari 2020 yang dihadiri oleh Dosen UBSI Tegal.

Keberadaan sebuah perangkat lunak untuk membantu dalam penulisan karya ilmiah sangat penting, agar penulis tidak terjebak dalam tindak plagiasi ketika melakukan sebuah kutipan. Dengan aplikasi tersebut, penulis dapat melacak dan mengidentifikasi keaslian dan kualitas setiap referensi yang mereka gunakan. Salah satu aplikasi tersebut adalah Mendeley. Aplikasi Mendeley merupakan sebuah aplikasi “Citation and Reference Manager” yang berguna untuk mengelola dan berbagi data penelitian, melakukan pencarian jurnal, serta berkolaborasi dengan sesama peneliti di seluruh belahan dunia yang terhubung internet. Dengan aplikasi ini, penulis dapat melakukan manajemen referensi dalam makalahnya, di antaranya mengatur tata kelola penulisan daftar pustaka serta kutipan dari artikel referensi. Sitasi menjadi salah satu faktor penting yang ditargetkan untuk meningkatkan peringkat Dosen dan juga bagi kampus atau perguruan tinggi (PT) itu sendiri. Sebab, jumlahnya sitasi yang tinggi menandakan pula bahwa penelitian yang dilakukan kampus atau PT akan berdampak luas di kehidupan masyarakat.

Dany Pratmant dan team LPPM, selaku narasumber menjelaskan sitasi (citation) tidak dapat dilepaskan dari sebuah karya tulis ilmiah. Sitasi menjadi sangat penting dalam penulisan seperti karya tulis ilmiah. Seringkali penulis pemula, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan yang salah karena kurang berhati-hati dalam sebuah sitiran. Mendeley merupakan salah satu aplikasi pengelolaan referensi ilmiah Open Source yang dapat digunakan secara bebas oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk mengelola dokumen ilmiah dan referensi ilmiah. Dalam workshop ini, materi meliputi proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunakan Mendeley, juga dibahas tentang daftar pustaka otomatis dan plagiarism online.

Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan para peserta (red:dosen) sangat antusias dalam mengikuti rangkaian workshop ini. Diharapkan dengan adanya pelatihan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan Mendeley ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dari dosen, peneliti di lingkungan UBSI Kampus Tegal. Selain itu menjadi peluang dosen, peneliti UBSI dapat lebih eksis di kancah akademis, khususnya di dunia maya yang akan memberikan dampak positif bagi mereka dan juga bagi Universitas Bina Sarana Informatika. (shule)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *