Prodi SI UBSI Tegal Kembali Gelar Workshop dan Sertifikasi Profisiensi Sistem Basis Data

  • Bagikan

TEGAL – Program Studi Sistem Informasi (SI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Tegal bekerja sama dengan PREINEXUS kembali mengadakan kegiatan Workshop dan Uji Sertifikasi Profisiensi Sistem Basis Data kategori Test Pengetahuan Industri pada Jumat (29/11/2019). Dimana PREINEXUS merupakan penyelenggara E-Test For Indonesian Professional (Knowledge Proficiency) dan IAII (Ikatan Ahli Informatika Indonesia) sebagai organisasi yang mengeluarkan sertifikat hasil Uji Profisiensi.
Husni Faqih, M.Kom selaku Ka.Prodi SI sekaligus bertindak selaku Ketua Pelaksana mengatakan di depan 33 peserta dari mahasiswa semester 3 Prodi Sistem Informasi, bahwa sertifikasi kompetensi termasuk sertifikasi uji profisiensi sangat penting sebagai bukti kemampuan dan legalitas keahlian mahasiswa untuk diakui di dunia kerja.

Husni melanjutkan bahwa kegiatan ini (workshop) adalah untuk mempersiapkan para peserta (mahasiswa) dalam menghadapi Uji Profisiensi Sistem Basis Data. Husni berharap para peserta dapat memahami pola dari soal-soal ujian sehingga tingkat kelulusan semakin besar. Uji Profisiensi sendiri akan dilaksanakan secara online di website resmi ubsi.preinexus.id pada hari Ahad (1/12/2019) dengan timeline waktu akses antara pukul 05.00 – 23.00 WIB.
Dalam kesempatan ini, Dany Pratmanto, M.Kom selaku narasumber memberikan informasi terkait sertfikasi sesuai dengan Juklak Pelaksanaan Sertifikasi Profisiensi Sistem basis Data. Yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang review matakuliah Sistem Basis Data mulai dari Pengenalan Basis Data hingga Security Basis Data. Pasca penyampaian materi, dilanjutkan dengan demo Uji Coba Tes Profisiensi pada laman website resmi Preinexus. Narasumber melanjutkan dengan memberikan latihan soal untuk mengetahui sejauh mana para peserta mampu menyerap materi yang telah disampaikan.

“Alhamdulillah workshop berjalan dengan lancar dan dari latihan soal yang diberikan, rata-rata para peserta mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga para peserta dapat lebih siap lagi dalam menghadapi Uji Profiensi besok Ahad” tutur Dany. Di lain pihak, Ayu Amarcia mewakili peserta mengatakan bahwa mahasiswa butuh Sertifikat pendukung ijazah yang kelak digunakan dalam melamar kerja. Ayu melanjutkan bahwa workshop pra Uji Profisiensi sangat membantu para peserta.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *